Latest News

Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran

Metode Inkuiri dalam Pembelajaran


Penerapan kurikulum 2013 mengharuskan seorang guru mengeksplor kembali apa yang dimilikiya. Berbagai metode dan model dalam pembelajaran dituntut untuk dikuasai sehingga dengan proses pembelajaran yang variatif diperlukan situasi berguru menjadi lebih  menyenangkan.
Salah satu metode yang dianjurkan untuk dipakai dalam pembelajaran yaitu metode Inkuiri. Metode inkuiri atau discovery learning yaitu teori berguru yang tidak menyajikan pelajaran dalam bentuk jawaban sehingga siswa menggorganisasikan proses belajarnya sendiri. Siswa mencari tahu sendiri.  Dalam proses berguru siswa mencari tahu wacana konsep atau prinsip yang tidak diketahui sebelumnya. Masalah dalam discovery  sanggup direkayasa oleh guru.
Dalam pelaksanaan pembelajaran  guru membimbing siswa biar aktif membuatkan acara berguru yang mengarah pada pencapain tujuan. Yang perlu diperhatikan di sini yaitu siswa harus aktif membuatkan kemampuannya untuk memecahkan malalah. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan pula biar materi pelajaran tidak disajikan dalam bentuk yang tinggal siswa serap. Aktivitas yang sanggup siswa lakukan dala proses berguru yaitu menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan bahan, dan menyimpulkan.
Manfaat penerapan metode inkuiri:
  • Membantu siswa membuatkan kemterampilan kognitif secara mandiri.
  • Menguatkan  pemahaman wacana pengertian dan daya ingat.
  • Membangkitkan rasa bahagia menyelidiki.
  • Memperoleh pengalaman bagaimana caranya belajar.
  • Menguatkan konsep diri dengan membuatkan rasa percaya diri.
  • Mendorong pertumbuhan keterampilan berpikir kritis.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir intuitif.
  • Meningkatkan rasa ingin tahu.
  • Meningkatkan penghargaan kepada siswa untuk lebih mandiri.
  • Mengembangkan potensi diri secara optimal.
Kelemahan penerapan metode inkuiri:
  • Siswa yang mempunyai potensi diri yang rendah akan menghadapi problem dalam proses belajar.
  • Mendapat tantangan untuk berpikir abstrak, menghubungkan antar konsep, bernalar dapt menjelma faktor penghambat berkembangnya rasa ingin tahu.
  • Memfasilitasi siswa menemukan teori, prinsip-prinsip, atau memecahkan problem memerlukan banyak waktu.
  • Mendapat kendala sebab guru selalu terdorong untuk memberi tahu bukan siswa mencari tahu.
  • Siswa memiliki  peluang besar dalam membuatkan kompetensi kognitif, namun guru sanggup terlena sehingga mengabaikan pengembang perilaku dan keterampilan.
  • Guru sering kurang sabar dikala siswa memerlukan waktu banyak untuk menyusun pikiran sehingga guru terdorong membantu siswa untuk menemukan hal baru.
Langkah pelaksanaan pembelajaran:
A.   Persiapan
  1. Menentukan tujuan pembelajaran
  2. Mengidentifikasi bekal awal, minat, talenta siswa.
  3. Menentukan materi pelajaran
  4. Mengembangkan materi  berupa materi yang akan diobservasi atau sumber berguru pendukung
  5. Merumuskan rancangan evaluasi proses dan hasil
B.   Pelaksanaan
  1. Pemberian rangsangan, siswa membuatkan kesadaran wacana ketidakhuan wacana sesuatu sesudah mengamati, membaca, atau mencoba sesuatu.
  2. Identifikasi masalah; siswa menyatakan atau merumukan problem dari ketidaktahuan siswa untuk menggali hal  yang ingin siswa ketahui.
  3. Pengumpulan Data; siswa mengeksplorasi dan mengelaborasi informasi, menghimpun data untuk memecahkan masalah.
  4. Pengolahan data;  siswa mengolah warta yang telah dihimpunnya melalui acara wawancaran,  observasi, membaca, dan selanjutnya dianalisis,  diklasifikasi, ditabulasi untuk ditafsirkan.
  5. Verifikasi (Pembuktian);  siswa mengkonfirmasi atau menilik ulang  kebenaran warta atau data yang diolahnya untuk pertanda kebenaran hipotensis . Siswa menerima peluang untuk menemukan konsep, teori, aturan, dan contoh-contoh.
  6. Generalisisi (menarik Kesimpulan); siswa menarik kesimpulan yang sanggup dijadikan prisip umum
C.  Penilaian
Penilaian  sanggup dilakukan dalam bentuk tes dan nontes..




Sumber: http://baktimu.blogspot.com


0 Response to "Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran"

Total Pageviews